Makalah Kesehatan Lingkungan


MANAJEMEN PENGENDALIAN KECOA PADA BEBERAPA RESTORAN DI KOTA MEDAN TAHUN 2008

I.       Identifikasi Masalah
1.1  Restoran merupakan salah satu tempat umum yang mempunyai bagian-bagian yang dapat menjadi tempat berkembangbiaknya kecoa.
1.2  Restoran sebagai salah satu usaha jasa pangan yang merupakan tempat berkumpulnya orang-orang untuk mendapatkan makanan dan minuman, sehingga memungkinkan terjadinya penyebaran berbagai jenis penyakit melalui perantaraan kecoa, seperti penyakit infeksi nosokomial, disentri, diare, cholera, virus hepatitis A dan polio pada anak-anak.
1.3  Mengingat besarnya masalah kesehatan yang disebabkan perantaraan kecoa, maka diperlukan adanya manajemen pengendalian kecoa di restoran.
1.4  Berdasarkan  informasi yang diperoleh  bahwa beberapa restoran di kota Medan tahun 2008, yang memiliki kondisi buruk yang dapat menimbulkan penyakit melalui perantaraan  kecoa  sehingga mengganggu produktivitas kerja di restoran.
1.5  Hasil identifikasi ini diperoleh dari beberapa restoran di kota Medan, yaitu   Restoran Intermezzo, Restoran Kenanga, Restoran La Buna  Seafood.
II.    Studi Kelayakan
2.1 Tujuan
Kegiatan dilaksanakan untuk meningkatkan hygiene sanitasi restoran melalui partisipasi dari pengusaha/pemilik restoran, penjamah makanan dan karyawan restoran dalam upaya memberantas penyakit yang ditularkan oleh perantaraan kecoa.
     
2.2  Sasaran
Lingkungan yang sehat, hygiene dan bersih sehingga menciptakan suasana serta kondisi yang nyaman bagi karyawan untuk beraktivitas yang akan memberikan kontribusi langsung produktivitas restoran




2.3  Metode :
1.      Penyuluhan kepada pengusaha/pemilik restoran, penajamah makanan dan karyawan restoran.
2.      Melaksanakan pemeriksaan lokasi dan bangunan, fasilitas sanitasi, dapur, gudang bahan makanan, tempat penyimpanan bahan makanan dan makanan jadi di restoran.
3.      Melaksanakan pemasangan peralatan pencegah masuknya kecoa/perangkap kecoa.
4.      Melaksanakan penyemprotan (Spraying) pada seluruh ruangan bagian dalam dan luar yang direkomendasikan, ditujukan untuk mengendalikan kecoa yang dilaksanakan 4 kali dalam sebulan.
5.      Melaksanakan pembersihan bagian-bagian/ruangan di restoran.

2.4  Sumber Dana :
Dana diperoleh dari Dinkes Kota Medan sebesar Rp. 35.150.000,- (tiga puluh lima juta seratus ;lima  puluh ribu)
2.5  Personal :
Kegiatan ini dilaksanakan oleh (S1)Kesehatan Masyarakat (Kesehatan Lingkungan) dan (S1)Teknik Lingkungan serta berkoordinasi dengan pengusaha/pemilik restoran dan karyawan restoran.
2.6  Material :
Peralatan penyuluhan seperti proyektor, leaflet, poster, alat tulis, perangkap kecoa, alat penyemprot, insektisida dengan formulasi spray (pengasapan), dust (bubuk), aerosol (semprotan), bait (umpan) misalnya ikan asin, senter serta cermin bertangkai.
III.  Percobaan Lapangan
Metode percobaan dilaksanakan di restoran-restoran yang ada di Kota Medan pada bulan Juni 2008.
IV. Analisa Dampak Lingkungan
4.1  Dampak Positif
1.      Menurunkan jumlah populasi kecoa di restoran-restoran Kota Medan.
2.      Mencegah timbulnya penyakit melalui perantaraan kecoa bagi pengusaha/pemilik restoran serta karyawan restoran di Kota Medan.
3.      Meningkatkan pengetahuan pemilik restoran maupun para karyawannya sehingga dapat melakukan tindakan-tindakan pencegahan.
4.      Terciptanya hygiene sanitasi restoran yang baik.
5.      Terpeliharanya ruangan-ruangan yang ada di dalam restoran dari tempat bersarangnya kecoa.

4.2  Dampak Negatif
1.                  Pemakaian insektisida dengan cara yang tidak benar atau dalam dosis yang tidak sesuai dapat menyebabkan keracunan bahkan kematian.
2.                  Residu insektisida dapat menimbulkan pencemaran lingkungan.

4.3  Usulan Program
Berdasarkan data diatas maka perlu dilakukan program pengendalian kecoa di restoran-restoran di Kota Medan, yaitu berupa :
1.                  Penyuluhan dilaksanakan untuk mengajak pengusaha/pemilik restoran beserta para karyawan restoran untuk memberantas tempat-tempat perkembangbiakan kecoa.
2.                  Pemeriksaan lokasi dan bangunan, fasilitas sanitasi, dapur, gudang bahan makanan, tempat penyimpanan bahan makanan dan makanan jadi dilaksanakan untuk memberantas tempat-tempat perkembangbiakan kecoa.
3.                  Pemasangan peralatan pencegah masuknya kecoa/perangkap kecoa di restoran.
4.                  Penyemprotan dengan insektisida dilaksanakan untuk memberantas kecoa dewasa.
5.                  Pembersihan ruangan-ruangan di restoran memberantas sarang kecoa termasuk membersihkan kapsul telur kecoa pada celah-celah dinding lemari dengan cara menyiramkan air panas, membakar/dihancurkan.


5        Anggaran Biaya Program

No.
Waktu
Kegiatan
Tujuan
Tempat
Sasaran
Dana/ Sumber
Pelaksana

1.


1-3
Juni
2008
Penyuluhan hygiene sanitasi restoran
Meningkatkan pengetahuan dalam mewujudkan hygiene sanitasi restoran yang baik
Bergiliran pada masing-masing restoran di kota Medan
Pengusaha/pemilik restoran, karyawan restoran (penjamah makanan dan penyaji makanan)
Rp.12.650.000/ Dinkes Kota Medan.
Perincian (lampiran I)
-          Dana untuk penyediaan peralatan seperti proyektor, leaflet, poster, alat tulis.
-          Dana konsumsi dan biaya jasa untuk pelaksana dan peserta kegiatan.





S1 : Kesehatan Masyarakat (Kesehatan Lingkungan ) dan Teknik Lingkungan.










2
4-6
Juni
2008
Melaksanakan pemeriksaan lokasi dan bangunan, fasilitas sanitasi, dapur, gudang bahan makanan, tempat penimpananan bahan makanan dan makanan jadi.
Menghilangkan tempat perkembangbiakan kecoa
Bergiliran pada masing-masing restoran
Adanya informasi  yang terkumpul yang terpercaya tentang Bagian/ruangan di restoran yang menjadi tempat berkembangbiaknya kecoa.
Rp. 5400.000/ Dinkes Kota Medan.
Perincian (lampiran I) :
-          Dana untuk penyediaan peralatan pembantu seperti senter dan cermin bertangkai.
-          Dana konsumsi dan biaya jasa untuk pelaksana dan peserta kegiatan.
S1 : Kesehatan Masyarakat (Kesehatan Lingkungan ) dan Teknik Lingkungan.

3

.
7-9
Juni
2008
Melaksanakan pemasangan peralatan pencegah masuknya kecoa/perangkap kecoa
Mencegah masuknya kecoa ke dalam restoran
Bergiliran pada masing-masing restoran
Celah-celah/lubang pada bangunan restoran rapat serangga (kecoa) sehingga makanan dan minuman yang disajikan bagi pengunjung, tidak terkontaminasi oleh kecoa.
Rp. 10.200.000 / Dinkes Kota Medan.
Perincian (Lampiran I ) :
-          Dana untuk penyediaan kawat kassa, paku dan juga martil.
-          Dana konsumsi dan biaya jasa untuk pelaksana dan peserta kegiatan
S1 : Kesehatan Masyarakat (Kesehatan Lingkungan ) dan Teknik Lingkungan.

4.
10-12
Juni
2008
Penyemprotan dengan insektisida.
Memberantas kecoa dewasa
Bergiliran pada masing-masing restoran
Pemberantasan kecoa baik di dalam restoran maupun bagian luar restoran  agar tercipta kondisi lingkungan yang nyaman, hygiene, bersih dan sehat
Rp. 6.900.000/ Dinkes Kota Medan.
Perincian (lampiran I) :
-          Dana untuk pembelian insektisida.
-          Dana konsumsi dan biaya jasa untuk pelaksana dan peserta kegiatan
S1 : Kesehatan Masyarakat (Kesehatan Lingkungan ) dan Teknik Lingkungan.












Lampiran I.  Perincian Dana
NO
DETAIL NAMA
JUMLAH
HARGA SATUAN / HARI
JUMLAH HARI
TOTAL
1.
-          Sewa proyektor,
-          leaflet,
-          poster
-          alat tulis
-          Dana konsumsi
-          Biaya  jasa untuk pelaksana dan peserta kegiatan.
-          Biaya jasa penyuluh
1
150 buah
150 buah
10 buah
100 orang

10 orang
3 orang
RP. 200.000
Rp. 5000
Rp. 5000
Rp. 5000
Rp. 10.000

Rp. 100.000
Rp. 500.000
3 Hari
-
-
-
3 hari

3 hari
3 hari
Rp. 600.000
Rp. 750.000
Rp. 750.000
Rp. 50.000
Rp. 3.000.000

Rp. 3..000.000
Rp. 4.500.000


Total biaya untuk 1-3 Juni 2008



Rp. 12.650.000
2.
-          senter
-          cermin bertangkai.
-          Dana konsumsi pelaksana dan peserta kegiatan.
-          Biaya  Jasa  untuk pelaksana

20 buah
20 buah
20 orang

20 orang

Rp. 20.000
Rp. 10.000
Rp. 10.000

Rp. 100.000
3 hari
3 hari
3 hari

3 hari
Rp. 1.200.000
Rp. 600.000
Rp. 600.000

Rp. 3.000.000    

Total biaya untuk 4-6 Juni 2008



Rp. 5400.000
3.
-          Dana untuk penyediaan kawat kassa,
-          Paku 
-          martil 
-          Dana konsumsi
-          Biaya  jasa untuk pelaksana kegiatan
-          Pengangkutan barang/ peralatan

100 meter 2
1000 buah
10 buah
20 orang

20 orang
6 kali


Rp. 20.000
Rp. 500
Rp. 50.000
Rp. 10.000

Rp. 100.000
Rp. 100.000

-
-
-
3 hari

3 hari
-

Rp. 2.000.000
Rp. 500.000
Rp. Rp. 500.000
Rp. 600.000

Rp. 6.000.000
Rp. 600.000

Total biaya untuk  8-10 Juni 2008



Rp. 10.200.000
4.
-          Dana untuk pembelian insektisida.
-          Dana sewa penyemprot
-          Dana konsumsi
-          Biaya  jasa untuk pelaksana dan peserta kegiatan

60 liter
10 buah
10 orang

10 orang

Rp. 10.000
Rp. 100.000
Rp. 10.000

Rp. 100.000

-
3 hari
3 hari

3 hari


Rp. 600.000
Rp. 3.000.000
Rp. 300.000

Rp. 3.000.000

Total biaya untuk  10-12 Juni 2008



Rp. 6.900.000
Total keseluruhan biaya program

Rp. 35.150.000

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar